( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Akhlak Kepada Orang Awam – Yang Sudah Ngaji Wajib Tau!!

Akhlak Kepada Orang Awam – Yang Sudah Ngaji Wajib Tau!!

Diposting pada 4 December 2017 oleh Muslim Klik

Bahwasannya merupakan suatu kenikmatan, ketika kita sebagai orang awam yang baru hijrah dan bertemu dengan ikhwan-ikhwan yang berakhlak baik. Karena ada juga yang diuji pada awal hijrah dipertemukan dengan ikhwan-ikhwan yang berakhlak buruk.

Ada seorang perwira angkatan laut yang curhat kepada Ustadz Abu Yahya Badru Salam yang mengatakan bahwa dirinya dipelototin saat ngaji di tempat Ustadz Abu Yahya Badru Salam. Bahkan perwira tersebut sampai geram dan ingin memukul ikhwan yang melotot tersebut jika tidak ingat dengan Ustadz.

Ini menunjukkan bahwa ada sebagian ikhwan yang sudah ngaji akhlaknya belum mencerminkan bahwa dirinya sudah ngaji. Maka akhlak, sudah sepantasnya menjadi perhatian bagi seorang muslim.

Hal ini juga hendaknya menjadi perhatian bagi akhwat yang “sudah ngaji” untuk berakhlak baik kepada teman-teman yang “baru mau ngaji”.

Sebagaimana suri tauladan kita, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam lebih lembut kepada orang awam dari pada dengan orang yang sudah ngaji. Dalam riwayat Bukhori dan Muslim, ada orang yang meminta izin ingin bertemu dengan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melihat dari kejauhan. Kata Rasulullah,”Ini seburuk-buruknya orang”. Lalu diizinkan orang tersebut masuk. Ketika orang tersebut duduk di hadapan Rasulullah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tersenyum di depan dia. Wajahnya manis di depan orang awam tersebut. Tak lama kemudian datanglah orang, kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melihat dari kejauhan. Kata Rasulullah,”Ini sebaik-baik orang”. Kemudian diizinkan masuk, ketika dia duduk di depan Rasul Shallallahu ‘Alahi wa Sallam, Rasul biasa saja dan tidak tersenyum. Kita butuh dengan akhlak ini.

Abu Darda berkata, “terkadang wajah kami harus tersenyum kepada suatu kaum yang hati kami saja melaknat mereka“. Kenapa? karena kami khawatir Allah telungkupkan mereka ke neraka jahannam.

Terkadang dengan wajah kita yang tidak mau tersenyum, bermuka masam, orang jadi lari dari kebenaran. Maka dari itu sudah sepantasnya hal ini menjadi perhatian bagi setiap muslim. Hal itu bisa memberikan kesan bahwa orang berjenggot ramah-ramah. Jangan sampai karena kita, orang lain yang masih awam menganggap orang berjenggot itu seram.

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang kita miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mengkaruniakan kepada kita semua akhlak yang baik.

Akhlak Kepada Orang Awam – Yang Sudah Ngaji Wajib Tau!! | MUSLIM KLIK

Belum ada komentar untuk Akhlak Kepada Orang Awam – Yang Sudah Ngaji Wajib Tau!!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 10%
Rp 12.600 Rp 14.000
Ready Stock / 290
OFF 10%
Rp 12.600 Rp 14.000
Ready Stock / 211

Muslim Klik

Jl. Anggrek Cendrawasih Blok G No.2, RT.4/RW.4, Kemanggisan, Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480
Call or SMS : +62821 1168 6688 E-mail : ssolikhah2411@gmail.com
SIDEBAR