( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Sholat Tahajud dan Keutamaannya – Ustadz Badru Salam, Lc

Sholat Tahajud dan Keutamaannya – Ustadz Badru Salam, Lc

Diposting pada 4 December 2017 oleh Muslim Klik

Sholat Tahajud dan Keutamaannya. Sholat tahajud diluar bulan Ramadhan, keutamaannya besar. Maka sholat tahajud di bulan Ramadhan lebih besar lagi. Sholat tahajud juga termasuk sholat sunnah yang paling sering Allah sebutkan di dalam Al-Qur’an. Ketika Allah menyebutkan tentang sifat-sifat hamba-hamba Allah yang dirahmati, siapa mereka? Yaitu orang-orang yang melewati malam mereka dengan sujud dan berdiri.

Ketika Allah mensifati orang-orang yang bertakwa yang masuk ke dalam surga. Apa karakteristik mereka yang paling utama? Mereka sedikit tidur di waktu malam. Ketika Allah menyebutkan orang-orang yang mendapatkan kasih sayang-Nya dalam surat As-Sajdah, bagaimana karakteristik utama mereka? Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya.

Bahkan ketika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berdakwah di kota Mekah dan menghadapi rintangan yang sangat berat, Allah perintahkan apa?

يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ ﴿١ قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا ﴿٢

“Hai orang-orang yang berselimut, bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya)”

Ternyata sholat malam memiliki keistimewaan tersendiri di sisi Allah Subhana Wa Ta’ala. Sampai Allah mengatakan,”Sesungguhnya ibadah diwaktu malam lebih mengokohkan hati”. Itu secara umum, apalagi dibulan Ramadhan. Dibulan Ramadhan hendaknya seorang muslim menjaga sholat malamnya. Baik sholat tarawih maupun sholat tahajud.

Tidak ada sholat sunnah yang banyak keutamaannya kecuali sholat malam. Adapun keutamaannya adalah:

  1. Sholat malam merupakan sholat yang paling utama setelah sholat fardu.
  2. Sholat malam merupakan kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kita.
  3. Sholat malam menggugurkan dosa-dosa.
  4. Memberikan sinar di wajah seorang hamba.

Diantara keutamaan lain adalah, orang yang sholat malam akan mendapatkan jiwa yang baik diwaktu pagi dan diberikan oleh Allah semangat untuk melakukan ketaatan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَقِدَ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ ، وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776)

Sholat malam adalah kenikmatan yang  hanya dirasakan oleh orang-orang yang melakukannya. Tidak ada ibadah yang paling mengesankan dihati seorang muslim kecuali sholat malam. Maka ulama salaf terdahulu ada yang berkata,”kalau bukan karena sholat malam dan berteman dengan orang-orang sholeh, aku tidak ingin panjang hidup di dunia ini“.

Maka sudah semestinya sebagai seorang muslim untuk membiasakan sholat malam karena hal itu adalah kebiasaan yang baik. Banyak diantara kaum muslimin, sholat malam hanya dibulan Ramadhan. Setelah selesai bulan Ramadhan, tak pernah lagi sholat malam bagaikan bangkai.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللهَ يَبْغِضُ كُلَّ جَعْظَرِي جَوَّاظٍ سَخَابٍ فِي الأَسْوَاقِ جَيْفَةٌ بِاللَّيْلِ حِمَارٌ بِالنَّهَارِ عَالِمٌ بِالدُّنْيَا جَاهِلٌ بِالآخِرَةِ

Allah sangat membenci orang ja’dzari (orang sombong), Jawwadz (rakus lagi pelit), suka teriak di pasar (bertengkar berebut hak), bangkai di malam hari (tidur sampai pagi), keledai di siang hari (karena yang dipikir hanya makan), pintar masalah dunia, namun bodoh masalah akhirat.” (HR. Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya 72 – Al-Ihsan. Syaikh Al-Albani menyatakan bahwa hadits ini dha’if, lihat Silsilah Al-Ahadits Adh-Dha’ifah, no. 2304. Adapun Syaikh Syu’aib Al-Arnauth dalam tahqiq Shahih Ibnu Hibban menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih  sesuai syarat Muslim)

 

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang kita miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan kita semua untuk bangun sholat malam.

Sholat Tahajud dan Keutamaannya – Ustadz Badru Salam, Lc | MUSLIM KLIK

Belum ada komentar untuk Sholat Tahajud dan Keutamaannya – Ustadz Badru Salam, Lc

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 10%
Rp 12.600 Rp 14.000
Ready Stock / 202

Muslim Klik

Jl. Anggrek Cendrawasih Blok G No.2, RT.4/RW.4, Kemanggisan, Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480
Call or SMS : +62821 1168 6688 E-mail : ssolikhah2411@gmail.com
SIDEBAR